Ujicoba Terowongan Bawah Laut EURASIA di Istanbul

Versi bahasa Indonesia dari artikel asli di laman www.huriyetdailynews.com


Sebuah terowongan bawah laut yang mempersingkat waktu tempuh kendaraan dari Istanbul sisi Asia ke Istanbul sisi Eropa akan diujicoba pada tanggal 8 Oktober 2016. Presiden Recep Tayyip Erdoğan dengan mobil kenegaraan akan menjadi pelintas pertamanya, demikian dilaporkan oleh harian SABAH pada tanggal 7 Oktober 2016.

Pekerjaan pengaspalan untuk terowongan telah diselesaikan sebelum pelewatan pertama.

Konstruksi putaran "U" di daerah Kazlıçesme, Istanbul sisi Eropa sebagaimana juga terowongan bawah tanah di wilayah Samatya dan Yenikapı, telah mencapai tahap penyelesaian.

Sebagai tambahan, papan-papan penunjuk arah tujuan terowongan telah dipasang di sepanjang jalan antara Sarayburnu dan Kazlıçesme juga antara Harem dan Göztepe.

Para pengemudi kendaraan akan bisa mempergunakan terowongan setelah membayar ongkosnya dengan sistem pembayaran tol otomatis sebagaimana yang sudah diterapkan pada jembatan-jembatan penyeberangan di atas selat Bosphorus.

Pekerjaan pengeboran untuk jalur terowongan telah dituntaskan pada tanggal 24 Agustus 2016.

Terowongan sepanjang 3,34 km yang berada di bawah laut ini menyerupai "Proyek Penyeberangan Langsung Istanbul" yang akan menyambungkan kedua benua untuk kedua kalinya. Tentunya yang pertama adalah proyek MARMARAY. Total panjang terowongan adalah 5,4 km, yang mana 3,34 km-nya berada di bawah laut. Ditambah dengan jalan akses menuju ke terowongannya, total panjangnya menjadi 14,6 km. Titik terdalamnya adalah 106,4 m dibawah permukaan laut.

Dengan terowongan baru ini, waktu tempuh mobil antara Kazlıçesme di sisi Eropa dan Göztepe di sisi Asia yang biasanya rata-rata memakan waktu 100 menit pada jam sibuk, akan menjadi sekitar 15 menit saja. Hal ini akan memberi kontribusi positif kepada perekonomian dengan menurunkan konsumsi bahan bakar juga penurunan emisi karbon, demikian dikatakan oleh para pemimpin proyek ini.


Proyek dikerjakan menggunakan model bangun-operasikan-transfer (Build-Operate-Transfer, BOT) yang menelan biaya 1,5 milyar dolar. 960 juta-nya didapat dari pinjaman luar negeri, sedangkan sisanya didanai oleh para pemegang proyek, yaitu Yapı Merkezi dan SK E&K

Menurut laporan dari Badan Standarisasi Internasional, terowongan akan bertahan hingga 127 tahun.

Setelah proyek diselesaikan, perusahaan Eurasia Tunnel Operation, Construction and Investment Co. akan mengoperasikannya selama 24 tahun 5 bulan dan kemudian akan menyerahkannya kepada negara.

Mega proyek ini akan diresmikan pada tanggal 20 desember 2016

(Diterjemahkan oleh Lia dengan beberapa tambahan kecil).



Comments